FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya.


  1. Penjelasan Umum
    1. Apakah tujuan website SundulOtomatis.com?
    2. Apa kegunaan sundul? Mengapa perlu disundul?
    3. Bagaimana cara kerja sistem sundul SOC?
    4. Berapakah biaya yang dibutuhkan?
    5. Mengapa Biaya untuk tanpa captcha dan dengan captcha berbeda?
    6. Apakah bisa menjadi tipe member tertentu dengan membayarkan sejumlah uang?
    7. Kalau banyak thread/produk, apakah bisa lebih murah?
    8. Apakah bisa mencoba dahulu?
    9. Apa bukti kalau thread sudah disundul?
    10. Jika thread tidak disundul, apakah tetap mengurangi deposit?
  2. Khusus Kaskus
    1. Bagaimana sistem sundul Kaskus?
    2. Apakah data login Kaskus tidak akan disalahgunakan oleh pihak SOC?
  3. Khusus Modcom (modifikasi.com)
    1. Bagaimana sistem sundul Modcom?
    2. Apakah data login Modcom tidak akan disalahgunakan oleh pihak SOC?
  4. Khusus Tokopedia
    1. Bagaimana sistem sundul Tokopedia?
    2. Apakah data login Tokopedia tidak akan disalahgunakan oleh pihak SOC?
    3. Apakah SOC dapat menyundul untuk account Gold Member?
  5. Khusus Bukalapak
    1. Bagaimana sistem sundul Bukalapak?
    2. Apakah data login Bukalapak tidak akan disalahgunakan oleh pihak SOC?
  6. Sistem Pembayaran dan Bank Tujuan
    1. Bagaimana sistem pembayarannya?
    2. Berapakah jumlah deposit minimal?
    3. Apa saja rekening bank yang dimiliki oleh sundulotomatis.com?
    4. Setelah melakukan transfer deposit, bagaimana cara konfirmasinya?
    5. Apakah pelanggan dapat meminta refund setelah mengirimkan deposit?
    6. Apakah bisa mengkonfirmasi transfer deposit atau permintaan refund lewat media lain seperti SMS atau email?
    7. Apakah pelanggan akan diberitahu jika deposit akan habis atau sudah habis?
  7. Keamanan Data
    1. Apakah data pelanggan aman?
    2. Apakah SOC menjual data pelanggan ke pihak lain?
  8. Lain-lain
    1. Thread barang/jasa apa saja yang dilarang untuk dimasukkan?
    2. Pelanggan ingin menggunakan account yang dipakai di SOC, tetapi logout terus. Apakah hal ini normal?
    3. Berkaitan dengan point 4.2, bagaimana jika pelanggan ingin mengubah thread, atau posting tanpa terganggu logout terus menerus?
    4. Apakah teks untuk sundul di thread Kaskus non-FJB bisa diatur sesuai keinginan pelanggan?
    5. Apakah dengan disundul, akan menaikkan thread pelanggan di search engine seperti google?
    6. Apakah bisa mengubah tampilan antara tampilan desktop dan mobile secara manual?
    7. Di mana kantor SOC?
    8. Ini bukan website tipuan kan?
    9. Apakah akan ada perubahan di waktu mendatang?

1. Penjelasan Umum


1.1. Apakah tujuan website SundulOtomatis.Com?

SundulOtomatis.Com (selanjutnya disebut sebagai SOC) bertujuan membantu penjual maupun pembeli kaskus, modifikasi.com, tokopedia dan bukalapak (selanjutnya disebut sebagai pelanggan) untuk menyundul thread dengan cara yang sesuai dengan peraturan masing-masing FJB tersebut. SOC tidak melayani hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan, seperti ternak ID ISO (di Kaskus), posting palsu secara otomatis, dll.


1.2. Apa kegunaan sundul? Mengapa perlu disundul?

Tujuan menyundul lapak/thread/produk adalah agar lapak/thread/produk selalu berada di bagian atas di kategori yang telah kita tentukan sewaktu memasukkan iklan di Kaskus / Modcom / Tokopedia / Bukalapak. Jika tidak disundul, maka thread/produk kita akan turun ke bawah, kalah dengan orang-orang lain yang rajin menyundul. Selain itu, dengan suatu thread/produk rajin disundul, akan menaikkan potensi thread/produk itu muncul di bagian atas hasil pencarian search engine seperti Google. Karena dengan disundul, berarti thread/produk tersebut selalu update.


1.3. Bagaimana cara kerja sistem sundul SOC?


1.4. Berapakah biaya yang dibutuhkan?

Penjelasan singkat: Biaya per bulan untuk 1 thread dengan sundul 3 kali per hari maksimal adalah Rp 10.000.

Penjelasan panjang, bisa dilihat di tabel di bawah ini, dan dihitung sendiri biaya pemakaiannya.

Tipe Anggota Kaskus/Modcom/Tokopedia/Bukalapak Syarat (Jumlah Pemakaian yang Sudah Dilakukan)
Free Member Rp 0/sundul 0 s/d 5 kali sundul
Bronze Member Rp 70/sundul 6 s/d 499 kali sundul
Silver Member Rp 67/sundul 500 s/d 1.499 kali sundul
Gold Member Rp 63/sundul 1.500 s/d 3.499 kali sundul
Platinum Member Rp 60/sundul 3.500 s/d 8.999 kali sundul
VIP Member Rp 56/sundul 9.000 s/d 19.999 kali sundul
VVIP Member Rp 53/sundul 20.000 s/d 34.999 kali sundul
VVVIP Member Rp 50/sundul 35.000 kali sundul atau lebih

Kenaikan tingkat member (sekaligus penurunan biaya per sundul) terjadi secara otomatis. Tetapi karena kompleksitas program yang digunakan, kenaikan tingkat mungkin tidak instan, tetapi memakan waktu sampai dengan 24 jam.


1.5. Mengapa Biaya untuk tanpa captcha dan dengan captcha berbeda?

Untuk posting pada form dengan captcha, diperlukan jasa tambahan pihak ketiga yang pembayarannya berdasarkan jumlah pemakaian. Jadi sebenarnya biaya tambahan tersebut adalah biaya penggunaan captcha.


1.6. Apakah pelanggan bisa menjadi tipe member tertentu (misalnya VVVIP Member) dengan membayarkan sejumlah uang?

Maaf, tidak bisa. Semua pelanggan harus mulai dari free member, bronze member, silver member, dst.


1.7. Biaya di atas kan untuk 1 thread saja. Kalau banyak thread/produk, apakah bisa lebih murah?

Ya, makin banyak thread/produk yang disundul, biayanya akan semakin murah.

Penjelasan singkat: Diskon untuk tiap thread/produk yang disundul 3 kali sehari adalah sebagai berikut:

Jumlah Thread Aktif Diskon
1 s/d 2 thread/produk 0%
3 s/d 5 thread/produk 1%
6 s/d 8 thread/produk 2%
9 s/d 11 thread/produk 3%
12 s/d 14 thread/produk 4%
15 s/d 17 thread/produk 5%
18 s/d 20 thread/produk 6%
21 s/d 23 thread/produk 7%
24 s/d 26 thread/produk 8%
27 s/d 29 thread/produk 9%
30 s/d 32 thread/produk 10%
33 s/d 35 thread/produk 11%
36 s/d 38 thread/produk 12%
39 s/d 41 thread/produk 13%
42 s/d 44 thread/produk 14%
45 s/d 47 thread/produk 15%
48 s/d 50 thread/produk 16%
51 thread/produk atau lebih 17%

Penjelasan panjangnya:

Jumlah Sundul per hari Diskon
1 s/d 6 kali sundul 0%
7 s/d 15 kali sundul 1%
16 s/d 24 kali sundul 2%
25 s/d 33 kali sundul 3%
34 s/d 42 kali sundul 4%
43 s/d 51 kali sundul 5%
52 s/d 60 kali sundul 6%
61 s/d 69 kali sundul 7%
70 s/d 78 kali sundul 8%
79 s/d 87 kali sundul 9%
88 s/d 96 kali sundul 10%
97 s/d 105 kali sundul 11%
106 s/d 114 kali sundul 12%
115 s/d 123 kali sundul 13%
124 s/d 132 kali sundul 14%
133 s/d 141 kali sundul 15%
142 s/d 150 kali sundul 16%
151 kali sundul atau lebih 17%

Contoh:

    • Deposit yang ada Rp 15.000.
    • Untuk menyundul thread Kaskus FJB.
    • Silver Member (Rp 67/sundul)
    • Thread yang aktif adalah 7 buah.
    • Jadwal sundul tiap thread adalah 2 kali.

    Pada proses penyundulan hari itu, deposit yang terpakai adalah Rp 67 x 7 thread x 2 sundul = Rp 938. Sedangkan sisa deposit adalah Rp 15.000 - Rp 938 = Rp 14.062. Di awal hari berikutnya, dihitung jumlah sundul hari kemarin adalah 7 thread x 2 sundul = 14 sundul. Diskon untuk 14 sundul adalah 1%. Maka sisa deposit = Rp 14.062 + (Rp 938 x 1%) = Rp 14.062 + Rp 18,76 = Rp 14.080,76.

    • Deposit yang ada Rp 20.000.
    • Untuk menyundul produk di Tokopedia.
    • VVVIP Member (Rp 50/sundul)
    • Sundul dilakukan 10 kali sehari.

    Pada proses penyundulan hari itu, deposit yang terpakai adalah Rp 50 x 10 sundul = Rp 500. Sedangkan sisa deposit adalah Rp 20.000 - Rp 500 = Rp 19.500. Di awal hari berikutnya, dihitung jumlah sundul hari kemarin adalah 10 sundul. Diskon untuk 10 sundul adalah 1%. Maka sisa deposit = Rp 19.500 + (Rp 500 x 1%) = Rp 19.500 + Rp 5 = Rp 19.505.


1.8. Apakah bisa mencoba dahulu?

Bisa. SOC memberikan gratis 5 kali sundul. Untuk melanjutkan, Anda harus membayarkan deposit.


1.9. Apa bukti kalau thread/produk sudah disundul?

Di sistem SOC, hasil sundul bisa dilihat dari halaman laporan


1.10. Jika thread tidak disundul, apakah tetap mengurangi deposit?

Tidak. Seperti tertulis pada point 1.9, deposit hanya akan dikurangi jika sundul berhasil dilakukan. Thread yang tidak disundul bisa disebabkan karena berbagai hal, seperti:


2. Khusus Kaskus


2.1. Bagaimana sistem sundul Kaskus?

Pada akhir September dan awal Oktober 2015, Kaskus mengubah sistem sundulnya. Sistem sundul yang sebelumnya dengan cara reply thread sudah tidak berlaku lagi. Thread tidak akan naik ke posisi pertama jika melakukan reply thread, namun harus dengan cara sundul Kaskus yang baru. Lebih detailnya dapat dilihat di kedua thread berikut:

Tentunya, pihak SOC sudah mengubah cara sundul agar sesuai dengan sistem yang baru. Proses sundul Kaskus yang baru yaitu:

Di form pemasukan thread kaskus, kami menyediakan sampai 8 kali sundul, yang tentunya untuk waktu sundul ke-4 s/d ke-8 hanya bisa digunakan oleh pemilik account KAskus Plus. Jika account yang digunakan untuk menyundul hanya Kaskus biasa, sundulan ke-4 dan seterusnya akan gagal dilakukan.


2.2. Apakah data login Kaskus tidak akan disalahgunakan oleh pihak SOC?

Tidak akan.



3. Khusus Modcom


3.1. Bagaimana sistem sundul Modcom?

Untuk saat ini, sistem sundul modcom hanya untuk menyundul di forum Modcom, bukan di FJB modcom, karena ada perubahan di Modcom.


3.2. Apakah data login Modcom tidak akan disalahgunakan oleh pihak SOC?

Tidak akan.



4. Khusus Tokopedia


4.1. Bagaimana sistem sundul Tokopedia?

Sistem sundul tokopedia atau dinamakan dink-it / promosi berfungsi untuk menampilkan produk di halaman depan tokopedia. Jarak waktu sundul adalah minimal 1 jam per account (bukan per produk). Jadi untuk 1 hari, maksimal hanya bisa menyundul maksimal 23 kali per account (karena 24 kali bisa dikatakan tidak mungkin).


4.2. Apakah data login Tokopedia tidak akan disalahgunakan oleh pihak SOC? Misalnya mengambil saldo Tokopedia.

Tidak akan. Untuk mengambil saldo tokopedia, diperlukan proses verifikasi nomor unik ke nomor handphone Anda yang disebut dengan OTP, sehingga pihak SOC tidak mungkin bisa mengambil saldo Tokopedia Anda.


4.3. Apakah SOC dapat menyundul untuk account Gold Member Tokopedia?

Ya, bisa. Namun ada beberapa kasus yang mengalami kegagalan. Jika Anda mengalami hal ini, silakan hubungi kami .


5. Khusus Bukalapak


5.1. Bagaimana sistem sundul Bukalapak?

Sistem sundul tokopedia atau dinamakan push berfungsi untuk menampilkan produk di halaman depan tokopedia. Di bukalapak, tidak ada batasan, berapa kali menyundul dalam sehari. Namun, untuk sekali sundul, memerlukan biaya khusus. Pastikan Anda mebeli paket push terlebih dahulu seperti yang tertera di https://blog.bukalapak.com/2014/03/fitur-baru-promosikan-barang-anda-menggunakan-push/


5.2. Apakah data login Bukalapak tidak akan disalahgunakan oleh pihak SOC?

Tidak akan.


7. Sistem Pembayaran dan Bank Tujuan


7.1. Bagaimana sistem pembayarannya?

Sistem pembayaran menggunakan deposit atau pra-bayar. Pelanggan melakukan transfer deposit ke SOC, kemudian SOC mengurangi deposit yang pelanggan transfer masukkan sesuai ketentuan biaya di atas. Jumlah deposit bisa berapa saja, batasan minimal hanyalah dari bank yang digunakan. Diharapkan pelanggan melakukan transfer dengan jumlah yang unik, misalnya Rp 10.354 atau jumlah unik lain. Jangan lupa untuk melakukan Konfirmasi Transfer Deposit, karena tanpa konfirmasi, deposit yang pelanggan transfer tidak akan diproses.

Perlu diketahui, bahwa pada sistem deposit, sebenarnya uang yang belum terpakai untuk proses sundul masih merupakan uang pelanggan. Namun SOC meminta ridho / kebijakan pelanggan jika kemungkinan uang tersebut digunakan oleh pihak SOC sebelum digunakan untuk proses sundul, selama pihak SOC dapat mengembalikan uang tersebut (melalui proses refund) jika pelanggan meminta.


7.2. Berapakah jumlah deposit minimal?

SOC tidak mensyaratkan jumlah minimal deposit. Namun karena sebagian besar bank mensyaratkan adanya jumlah minimal transfer, maka jumlah minimal adalah sesuai dengan jumlah minimal transfer dari bank bersangkutan. Biasanya minimal adalah Rp 10.000.


7.3. Apa saja rekening bank yang dimiliki oleh SOC?

Berikut ini data bank yang dimiliki oleh SOC beserta jumlah minimal transfer dari Internet Banking. Untuk melihat nama dan nomor rekening SOC, silakan mendaftar atau login terlebih dahulu

Nama Bank Jumlah Transfer Minimal
BCA Rp 10.000
Bank Mandiri Rp 1
Bank CIMB Niaga Rp 10.000
Bank Danamon Rp 50.000
Bank Permata Rp 50.000

Jumlah minimal tersebut adalah jumlah minimal menggunakan internet banking. Jika dari Mobile banking atau ATM mungkin berbeda. Silakan hubungi SOC jika pelanggan mengetahui update terbaru dari bank-bank tersebut.


7.4. Setelah melakukan transfer deposit, bagaimana cara konfirmasinya?

Untuk konfirmasi transfer deposit, silakan mengisi Form Konfirmasi Deposit (Login dahulu). Tanpa konfirmasi deposit, deposit pelanggan akan dianggap belum masuk.


7.5. Apakah pelanggan dapat meminta refund setelah mengirimkan deposit?

Ya. Uang yang ada di deposit sebenarnya adalah uang pelanggan. Selama belum digunakan untuk menyundul, dapat dikembalikan berapa pun jumlahnya. Namun tetap mengikuti ketentuan minimal transfer sesuai dengan bank yang digunakan. Untuk permintaan refund, silakan mengisi Form Permintaan Refund (Login dahulu). Sebagai catatan, untuk menghindari penipuan, SOC hanya menerima permintaan pegembalian ke rekening sumber transfer sebelumnya.

Catatan: Untuk permintaan refund ke bank yang tidak dimiliki oleh SOC, maka biaya transfer antar bank sebesar Rp 6.500 ditanggung oleh pelanggan


7.6. Apakah bisa mengkonfirmasi transfer deposit atau permintaan refund lewat media lain seperti SMS atau email?

Tidak bisa. Mohon maaf, untuk menghindari kesalahan dan ketertiban pengelolaan, konfirmasi transfer deposit maupun permintaan refund hanya lewat Form Konfirmasi Deposit dan Form Permintaan Refund, tidak bisa menggunakan media lain. Konfirmasi deposit dan permintaan lain selain menggunakan kedua form tersebut tidak akan diproses.


7.7. Apakah pelanggan akan diberitahu jika deposit akan habis atau sudah habis?

Ya. Ada dua kali pemberitahuan, lewat email dan SMS, yaitu sebelum deposit habis dan setelah deposit habis (tidak bisa dipakai lagi). Secara default, pemberitahuan sebelum habis adalah jika deposit di bawah Rp 3.000. Nilai batasan rupiah pemberitahuan ini bisa diubah dari Form Edit Profile. Sedangkan pemberitahuan setelsh deposit habis adalah ketika deposit tidak bisa digunakan lagi (di bawah Rp 50).


8. Keamanan Data


8.1. Apakah data pelanggan aman?

Website SOC dilindungi oleh Comodo SSL Certificate, mirip seperti yang digunakan di website internet baning, sehingga data yang dimasukkan sangat sulit untuk ditembus / di-hack. Pihak SOC juga berusaha sedapat mungkin untuk menjaga data pelanggan. SOC juga mempunyai backup data harian, sehingga jika terjadi kehilangan data, setidaknya data hari sebelumnya bisa dikembalikan.

Comodo Certificate

Di atas kami sebutkan bahwa website SOC sangat sulit ditembus, bukan tidak mungkin ditembus. Namun kemungkinan ini sangat kecil. Karena kami menyadari, semua buatan manusia, pasti akan selalu ada saja cacatnya.

8.2. Apakah SOC menjual data pelanggan ke pihak lain?

Tidak. Kepercayaan dari pelanggan adalah amanat bagi SOC.


9. Lain-lain


9.1. Thread barang/jasa apa saja yang dilarang untuk dimasukkan?

Silakan cek di sini.

9.2. Pelanggan ingin menggunakan account yang dipakai di SOC, tetapi logout terus. Apakah hal ini normal?

Hal ini normal, dikarenakan beberapa website FJB seperti Kaskus hanya mengizinkan login dari satu device (komputer, HP, atau yang lain) dalam satu waktu. Jika login di suatu device, maka di device lain akan logout. Karena username tersebut digunakan di SOC, maka ketika SOC melakukan login, secara otomatis akan logout.

9.3. Berkaitan dengan point 9.2, bagaimana jika pelanggan ingin mengubah thread, atau posting tanpa terganggu logout terus menerus?

9.4. Apakah teks untuk sundul di thread Kaskus non-FJB bisa diatur sesuai keinginan pelanggan?

Ya, bisa diatur sesuai keinginan pelanggan. Namun tidak boleh berisi hal-hal palsu seperti testimonial palsu dan sejenisnya. Apalagi jika menggunakan account SOC. Khusus untuk testimonial palsu seperti ini, pihak SOC tidak segan-segan untuk menghentikan hubungan kerja sama dengan pelanggan.

9.5. Apakah dengan disundul, akan menaikkan thread pelanggan di search engine seperti Google?

Search engine seperti Google tidak pernah mempublikasikan secara jelas, bagaimana pengurutan hasil pencarian di website mereka. Tetapi secara ilmu SEO (Search Engine Optimization), dengan disundul, maka kemungkinan thread tersebut berada di atas lebih tingi. Karena dengan disundul, berarti thread tersebut rajin di-update. Search engine seperti Google biasanya menyukai website/halaman yang sering update, dan kemungkinan untuk berada di posisi atas searh engine lebih tinggi.

9.6. Ketika membuka website SOC, terdeteksi oleh website SOC bahwa perangkat yang digunakan adalah mobile (HP atau tablet), padahal dibuka dari komputer. Dan ini menyulitkan navigasi website SOC. Apakah bisa mengubah ke tampilan komputer biasa (desktop) secara manual?

Bisa. Lihat di footer (bagian paling bawah), ada pilihan untuk berpindah antara template mobile atau desktop.

9.7. Di mana kantor SOC?

Kami tidak memiliki kantor fisik, semua dijalankan secara online. Hal ini ditujukan untuk menghemat biaya, memberikan harga yang semurah mungkin kepada pelanggan, namun tetap mengedepankan kualitas layanan kami.

9.8. Ini bukan website tipuan kan?

Kami menyadari bahwa beberapa calon pelanggan masih ragu. Karena itu, silakan perhatikan beberapa fakta berikut untuk menghilangkan keraguan Anda:

9.9. Apakah akan ada perubahan peraturan/FAQs di waktu mendatang?

Perubahan akan selalu terjadi. SOC akan meng-update halaman FAQs ini jika ada perubahan di waktu mendatang. Dan jika ada update, pelanggan akan dikabari lewat email.